Thursday, 6 February 2014

What Drives You?

Bismillah

Kalau ditanya, apa yang membuat kita bersemangat, pasti jawaban setiap orang berbeda-beda. Apapun itu, rasa-rasanya sahih kalau kita bilang, ketakutan orang menuju kesengsaraan, lebih bisa memotivasi orang daripada ajakan menuju kebahagiaan. Orang-orang yang jam 1 dini hari masih terjaga karena memikirkan cara untuk membayar pinjaman, atau orang-orang yang jam 4 pagi sudah berangkat dari rumah menuju kantor karena takut terlambat dan dipecat, bisa jadi jumlahnya jauh lebih banyak daripada orang-orang yang punya impian untuk hidup mewah dari sebuah rumah luas di puncak bukit.

Mengapa demikian? Karena otak kita bekerja maksimal saat kita kepepet. Nggak punya duit untuk makan misalnya, akan menghasilkan efek yang luar biasa hebat daripada keadaan sudah berpunya terus ditawarin investasi (entah bodong entah asli). Orang akan greget ketika sudah terdesak. Semakin terdesak, maka otaknya semakin berputar lebih kencang, detak jantung berdetak lebih cepat, kepala sakit seakan-akan terbakar, dan berjuta perasaan lainnya.

Apa yang membuat Anda bersemangat hari ini? Apa yang membuat Anda harus bangun lebih pagi, di saat orang lain mungkin masih tidur dengan nyenyaknya? Apakah ketakutan berakhir hidup di penjara? Apakah tanggung jawab besar terhadap perusahaan dan nasib 10 ribu orang karyawan? Apakah server down? Apakah tanggul jebol? Apakah itu meeting dengan calon client, yang jika gagal maka hancurlah sudah usaha yang Anda rintis bertahun-tahun?

Apa yang membuat Anda bersemangat hari ini?

Original post : What Drives You?

No comments:

Post a Comment