Monday, 10 February 2014

Ide

Bismillah

Karena nggak ada bahan nulis, rasa-rasanya shahih saja kalau kita menuliskan apa saja yang terpikir pada saat tadi pagi di kamar mandi. Ngomong-ngomong, entah kenapa di saat-saat seperti itu justru ide-ide bermunculan.

Misalnya begini. A setiap hari berangkat dari titik X menuju Y, dan B setiap hari berangkat dari Y ke X (arah sebaliknya). A dan B menggunakan KRL. Tarif dari X ke Y (dan sebaliknya) adalah Rp 7 ribu. Jadi total pendapatan PT KAI dari kedua orang ini sebenarnya setiap hari kerja adalah Rp 14 ribu.

Bagaimana jika...

Skenario pertama. A dan B menggunakan dua buah kartu multi trip yang berbeda, dan di pertengahan perjalanan dari X ke Y dan sebaliknya, mereka bertukar kartu? Sehingga ketika B tapping kartu A di stasiun X, harganya bukan Rp 7 ribu lagi. Sedangkan A juga demikian, di stasiun Y tapping menggunakan kartu B. Sehingga kedua orang ini bisa berhemat setiap hari, sekaligus mengkadali PT KAI.

Skenario kedua, agak sedikit rumit dan belum terbukti keberhasilannya. A memiliki 2 buah kartu multi trip yang berbeda. Anggap saja kartu 1 dan 2. Tapping di X menggunakan kartu 1, lalu tapping di Y menggunakan kartu 2. Dengan sedikit social engineering mungkin masih bisa mengkadali petugas supaya salah satu kartu bisa masuk ke stasiun di kali pertama. Pada hari yang sama di sore hari, A tapping masuk di stasiun Y dengan kartu 2, dan keluar di stasiun X dengan kartu 1. Idenya adalah, dengan kartu 1, A tapping di stasiun X sehingga biayanya tak lebih dari Rp 7 ribu. Tapi dengan kartu 2, A tapping di stasiun Y di hari yang berbeda.

Original post : Ide

No comments:

Post a Comment