Tuesday, 19 November 2013

Lagi Galau Nih Gan :(

History repeats itself. That makes life easy to predict. Just do the same thing, you'll end up at the same situation.

Gue inget beberapa tahun lalu pernah bingung milih kerjaan antara jadi tukang kredit di bank BUMN atau jadi buruh halus di salah satu perusahaan IT multinasional. Bahkan saking bingungnya, gue sampai berubah pikiran dan membatalkan salah satu tandatangan kontrak di menit-menit terakhir, sampai diomelin sama si bapak-bapak HRD.

Dan sekarang, lagi-lagi gue ketemu dilema yang mirip. Tapi lebih complicated.

Pas lagi musim-musimnya CPNS kemarin, gue iseng masukin lamaran. Sebenernya sih gue nggak minat jadi PNS, tapi berhubung inget umur, mau sampai kapan sikut-sikutan, lompat-lompatan di perusahaan swasta kapitalis milik orang asing. Rasanya lebih sreg kalau kerja keras untuk negara daripada untuk kapitalis :p Kalopun jadi PNS, gue bakal milih yang non-kementrian. Iya non-kementrian, karena gue juga malas jadi birokrat atau politikus. *Banyak maunya*. Yayaya, saya memang idealis.

Akhirnya iseng gue masukin lamaran ke dua lembaga non-kementrian, LAPAN dan LIPI. Cukup dua, karena gue nggak mau kejadian lagi, galau memilih yang mana, seandainya banyak yang diterima *pede*.

Target utama gue sih di LAPAN. Kalo lolos gue bakal penempatan di pelosok Pasuruan, di kaki Gunung Lawu. Jadi tukang bersih-bersih satelit, mantengin orbit, main astronot-astronotan tiap malem. Kantornya juga keren, tiap ngantor musti manjat bukit. Kurang asik apa lagi coba.   

Sementara lamaran di LIPI gue masukin buat iseng aja, nggak ada harapan apa-apa. Kalo lolos cuma jadi pegawai biasa, posisi junior corruptor biasa di Jakarta. Satu-satunya yang menarik adalah, siapa tau nantinya gue bisa jadi peneliti beneran di sana.

Eh beberapa waktu kemudian, nggak nyangka ternyata justru yang berjalan mulus malah lamaran yang di LIPI. Gue lulus. Bener-bener lulus. Dari beribu-ribu orang. Padahal tiap hari gue berdoa semoga nggak lolos. Padahal sudah menskip satu dari dua interview. Tetep lulus juga.

Sementara yang di LAPAN, gue baru mau interview akhir. Masih ada saingan satu orang lagi di interview akhir. Dan setelah gue kepoin, ternyata si saingan ini bukan orang sembarangan, track recordnya sakti. Jadi rada nggak pede.

Nah, yang bikin dilema, gue sudah harus daftar ulang di LIPI minggu depan. Padahal interview di LAPAN juga baru minggu depan. Sebenarnya dalam hati masih pengen berjuang untuk lolos di LAPAN. Tapi itu artinya gue harus melepas lamaran di LIPI yang sudah pasti lulus. Karena kalau sudah daftar ulang, sudah nggak bisa mengundurkan diri.

Jadi mending mana ya?  Membuang yang sudah pasti dan mencoba mengambil kesempatan yang belum pasti, dengan resiko kehilangan dua-duanya? Atau menerima apa adanya, main aman tanpa resiko, dan melepaskan kesempatan untuk mendapatkan yang lebih pas? Huhu, bingung..

*Berasa curhat di H2H-nya Kaskus*




Original post : Lagi Galau Nih Gan :(

No comments:

Post a Comment