Tuesday 9 April 2013

Trip Singapore (2-habis) – Saya tetap suka Indonesia :p

Menyambung tulisan saya sebelumnya tentang Trip Singapore, ini beberapa tempat yang saya kunjungi kemarin ketika ke Singapore. Tapi sungguh, saya tetap suka Indonesia kok :lol:

1. Universal Studio Singapore

Berhubung ngetrip bareng anak-anak, ke USS ini jadi semacam tujuan utama. Hehehe. Saya juga penasaran sebenarnya, katanya sih kayak di Dufan gitu, tapi tetep aja pengen nyoba.

Universal Studio Singapore

Tiket masuk USS sendiri 74$ untuk adult dan 54$ untuk children. Saran saya belilah tiket USS secara online, bisa ke webnya langsung atau kadang di kaskus suka ada tuh. Pertama karena suka ada promo diskon (jadi jatohnya lebih murah), kedua jadi gak perlu pake antri beli tiket. Waktu saya kesana kemarin Naudzubillah antrinyaaa… ckckck. Padahal itu bukan pas hari libur lhoh. Tanggal merahnya jatuh Hari Jumat, kami kesana hari Kamis nya, gak kebayang kalo pas weekend itu antrinya kayak apa. *sigh* Jadi pastikan juga anda datang pagi-pagi sekali kesana dan jangan lupa bawa bekal makan siang. Hehehe. Karena beneran bakal seharian tuh ampe tutup tu USS baru pulang. Secara ya, tiketnya mahal, jadi rasanya harus semua wahana dicobaiiiin :p hihihihi.

USS

With Tikachu - Inilah wahana favorit :lol: naek ampe dua kali berakibat kliyengan

With Tikachu – Inilah wahana favorit :lol: naek ampe dua kali berakibat kliyengan

Dari semua wahana yang saya coba, teup, paling top adalah wahana-wahana yang memicu adrenalin :-P kalo saya sih sesuai urutan ya, paling keren pertama adalah wahana Revenge the Mummy, menyusul Transformer-3D (esumpah ini keren banget wahananya!), lalu roller coaster yang cyclon. Seru! Jadi mendingan cobain aja ya sendiri, gak perlu saya ceritain, hihihihi.

2. Garden By The Bay

Taman ini berada di kawasan Marina Bay. Lokasi nya tepat di sebelah Marina Bay Sands yang terkenal itu. Kenapa saya ke sini? Tak lain dan tak bukan adalah karena masuk ke kawasan ini GratiS! Hehehehe.

Garden by The Bay, berseberangan dengan Singapore Flyer

Taman ini luas banget, jadi kalo jalan kaki pasti gempor. Untuk yang gak mau gempor bisa ikutan naek mobil trip nya 2$ bisa 2 kali jalan. Di dalam kawasan ini ada juga semacam museum tanaman (di dalem sebuah dome yang keren) untuk masuk bisa beli tiketnya 28$, tapi saya gak tertarik masuk, kenapa? Kata temen sih, kalo yang alam-alam dan tanaman2 gitu jauh lebih bagus di Indonesia, “masih bagusan Kebun Raya Bogor Fi!” hihihi. Di kawasan ini dibangun semacam pohon-pohon raksasa yang artistik. Keren deh pokoknya :-)   kalo ke sini siang-saing jangan lupa bawa payung dan pake sunblock. Panas cyin!

Gegulingan :-P

Garden by The Bay

3. Raffless Park – Merlion – Marina Bay Sands

Yak, lagi-lagi alasan saya kesini adalah karena Gratis sodara-sodara :p hihihi. Disini apalagi kalo bukan mau lihat patung Merlion – lambang singapura yang menurut saya bentuknya sangat absurb- sekaligus ngliat Gedung duren (Esplanade Theatres) dan Marina Bay Sands plus Singapore Flyer!

Pose datar :-P

Pose Norak :-P

Saran saya kesini pas malam. Selain ada pertunjukan laser dari Gedung Marina Bay Sands, suasananya juga cozy banget buat sekedar duduk-duduk di pinggir kali nya Singapore. Hihihi. Oia, sebelum pulang, sempatkan juga lewat Anderson Bridge, kalo malam suasanya romantis gitu, lampu2nya keren!

Marina Bay Sands pas malam

Marina Bay Sands

Melewati Raffless Park

4. Bugis Street – Sultan Mosque

Ke Bugis ini pasnya buat yang doyan belanja. Kalo saya lewat sih ini semacam Pasar Baru nya Jakarta kali ya.

Tempat ngopi-ngopi depan Masjid Sultan, Bugis, Singapore

Tujuan utama saya kesini bukan buat belanja kok tapi, karena saya gak doyan belanja, hehehe, tapi buat ke Masjid Sultan. Udah jauh-jauh ke Singapore, masak iya gak nemu masjid. Hehehe. Kami mampir ke Masjid Sultan untuk sholat dhuhur dan ashar, sekaligus jalan-jalan menyusuri gang-gang pertokoan. Suasananya enak buat duduk-duduk ngopi. Di Sebelah Masjid Sultan ini sebenarnya ada Melacca Heritage, sayang kami ndak kesana :( Oia, kami suka lupa waktu sholat kalo di Singapore. Berhubung secara waktu di sini lebih cepat satu jam di banding Jakarta, tapi entah kenapa perbedaannya kerasa banget. Adzan shubuh jam 6 kurang 10. Waktu Dhuhur bisa ampe jam 3 sore. Ashar sekitar jam 4. Maghrib baru jam setengah 8. Hehehee, tapi ya apa gunanya teknologi kalo gak dipake buat beginian. Jadwal sholat di Singapore bisa dicari di google kok. heheheh :lol:

Sultan Mosque Singapore

5. Orchard Road – es krim 1$

Kawasan Orchard juga kawasan buat penggila belanja. Tapi sekali lagi, saya kesini bukan buat belanja, hehehe. Berhubung kawan ngetrip nginep di kawasan ini, saya juga penasaran sama es krim depan Takashimaya Building yang katanya enak dan harganya Cuma 1$. Jadilah saya bela2in jalan kaki dari MRT dan sempat nyasar ke lokasi ini, hihihihi. Es krim nya enak! kalo pas rame, Antrianya puanjang :-| Ada banyak rasa, dan saya nyobain duren, Red Bean sama Peppermint selama tiga hari di sana! hihih, jadi tiap malam khusus ke sana cuma buat makan es krim ini. Oia, es krim ini disajikan bisa pake roti bisa pake wafer. Enak deh! Makann nya sambil duduk-duduk di depan mall nya Orchard yang penuh lampu2 lucu.

Penjual Es Krim 1$ depan Takashimaya, Orchard Road

Makan es krimnya sambil duduk-duduk di sini :lol:

Penampakan eskrim 1$ rasa Duren

6. Toa Payoh – Numpang Tidur, Makanan Halal dan Duren :lol:

Ke sini nebeng nginep sekaligus nyari duren. Hehehe. Kawasan ini merupakan kawasan tempat tinggal dan hunian sehingga dipenuhi gedung-gedung apartemen. Di kawasan ini pula saya bisa tenang makan di luar apartemen (sebelumnya dimasakin Tyas di apartmennya, hihihi) karena ada foodcourt khusus makanan halal. Tenang deh!

7. Mustafa – Berburu Coklaaat

Ke sini pas tengah malam. Karena ternyata kawasan ini buka 24 jam. Jadi ya, tempat ini dimiliki oleh seorang tajir mampus sampe2 punya beberapa usaha di kawasan yang sama, mungkin namanya Pak Mustafa :p *sotoy* hehehe. Jadi ini tuh kayak swalayan GUEDEEEEE banget. Tempat ini selalu ramai, karena orang-orang nyari oleh-oleh juga di sini dan barangnya murah-murah, mulai dari jam tangan, parfum, daaaan.. coklat. Hihihih.

8. Little India

Ngapain ke Littel India? Yak, sebenarnya karena penasaran aja. Hehehe. Di tempat ini tidak banyak yang bisa di lihat, selain kawasan pemukiman orang-orang India dan kuil-kuil nya serta tempat makan dan toko khas ala India. Oia satu lagi, kita ketemu satu rumah lucu warna-warni buat spot foto hihihi. Rumah ini agaknya yang juga dijadikan background pemotretan Asian Next Top Model Session 1 kemarin. Lucu deh rumahnya.

9. Clarke Quay

Ke sini gratis! Hihihi. Ya iyalah, ini kawasan dimana ditemukan banyak bar-bar di tepi sungai Singapore. Semacam tempat nongkrongnya AGS (Anak Gawool Siangapore) mungkin. Kalo malam lampunya lucu-lucu, saya ke sini pas pagi, selain biar gak kepanasan, juga biar bisa menyusur gang sepanjang bar-bar tersebut berada. Kalo pagi kan masih pada tutup tuh, jadi santai aja gitu jalan nyusur sambil foto-foto.

Clarke Quay

Another side of Clark Quay

Another side of Clarke Quay

10. Chinatown – Buddha Tooth Relic Temple – Sri Mariamman Temple

Lagi-lagi karena penasaran. Ternyata Chinatown tempatnya berburu oleh-oleh yang murah-murah! Selain belanja, kita juga bisa menikmati bangunan kanan-nirinya yang masih terjaga keasliannya. Keren dan kuno! Bagus! Di Chinatown juga terdapat museum koin/uang serta toko Tintin!! Yeaaah!! Saya adalah penggemar Tintin dari kecil, jadi berasa toko itu kayak ngebuka lagi memori-memori saya waktu masih baca Tintin!

China Town

Keluar MRT langsung Chinatown

Tintiiiin!!! :lol:

Keluar sedikit dari Chinatown, boleh juga mampir sebentar mengunjungi Buddha Tooth Relic Temple dan Sri Mariaman Temple. Saya sengaja gak masuk ke dua tempat itu karena menemukannya secara gak sengaja waktu mau naek bus, hahahaha. Jadi Cuma foto-foto aja gitu :-D

Buddha Relief Tooth Temple

Buddha Tooth Relic Temple

Sri Mariaman Temple

11. Henderson Waves

Kalo mau tempat-tempat yang agak tinggi berbau-bau bukit, bisa datang kesini. Ini adalah jembatan di atas bukit dengan arsitektur yang menarik. Mirip-mirip kapal di atas bukit gitu :-) Lokasinya dekat dengan Harbour Front Station. Saya ke sini waktu itu naek Bus dari Chintown. Di kawasan ini sebenarnya ada beberapa titik lain yang bisa dikunjungi, kayak taman dan kawasan perbukitan lainnya.

Henderson Waves

Henderson Waves, katanya kalo malam di sini romantis :-P

Kesimpulannya sih, saya tetap suka Indonesia. Di Singapore memang jauh lebih tertib dan teratur. Semuanya serba terintegrasi. Naek bus, MRT, taksi, jalan kaki, naik eskalator, semuanya nyaman, bersih dan aman.

MRT Station pas sepiiii \\(^.^)/

MRT Station pas sepiiii \(^.^)/

Gak heran negara dengan luas wilayah yang jauuuuh lebih kecil dari Indonesia ini banyak dikunjungin orang, meski sebenarnya untuk tujuan wisata alam mungkin masih gak ada apa-apanya dari pada Indonesia (ya iyalaaaah…). tapi tidak dengan penataan kota dan pemnfaatan infrastrukturnya. Terlihat sekali pemerintahannya serius bener2 memanfaatkan yang kecil itu.  Saya sampe agak-agak norak. Balik Jakarta, kadang-kadang masih suka kesel sama orang yang berhenti di eskalator sisi kanan, karena kebiasaan orang Singapore kalo naik eskalator itu sisi kiri untuk yang berhenti nunggu, sisi kanan buat yang naik eskalator sambil terus jalan. Hehehe.