Friday 8 February 2013

Life is an adventure!

Yaps. Slogan yang saya tulis sebagai judul postingan ini tidak asing lagi ditelinga kita. Sering nongol di tv sebagai salah satu slogan dari sebuah iklan produk susu. Sebuah slogan yang menurut saya sangat singkat, padat namun merangkum semua yang ada.


Hidup memang seperti petualangan. Walaupun kata orang jawa hidup hanya sekedar numpang minum, tapi penuh petualangan dan perjuangan. Jatuh bangun, suka duka, tangis dan nestapa selalu ada dalam setiap putaran kehidupan. Tanpa terkecuali. Dari orang kaya, miskin, maupun biasa biasa saja..pasti pernah mengalaminya…


Tulisan ini saya tulis, mengawali kembalinya “ngeblog” saya yang udah lama banget tidak aktif lagi. Daripada banyak yang hilang dipikiran, mending tak share aja kembali di tulisan tulisan saya.. Sorry to say, klo belepotan, dan sok filosofis, ya memang itulah saya.. melankolis sejati, rasional, pemikir, dan perencana.. kadang juga melow nya ampun ampunan… :)


Bulan Februari ini, juga bulan yang special. Bukan karena ada Valentine day lho, tapi karena bulan ini tepat enam bulan setelah saya “KO” diatas kanvas. Lho? KO kenapa?


Bagi yang belum tahu, tepat bulan Agustus 2012 kemarin, saya berhasil di”KO” kan oleh penyakit. Nama penyakitnya GNC. Glomerolus Nefritis Chronics. Nah..klo yang pada belum tahu apa itu GNC… ni ada sedikit link yang bisa bantu ngartiin apa sih penyakit itu..


Whoops.. serem? Ndak juga ah.. klo dalam istilah Indonesianya bisa dibilang kerusakan pada jaringan penyaring ginjal. Jadi, filter filter ginjal yang berfungsi untuk menyaring darah sudah tidak bisa bekerja dengan baik. Chronic, berarti sudah dalam tahap yang berat dan bertahun tahun..


Nah, karena itupulalah, saya dibuat “KO” dan musti mencium kanvas UGD sebuah RS Swasta di Jogja.. lho… kok isa? Ya bisa lah.. wong Mike Tyson aja bisa KO… lha ya to? Hehehe


GNC itulah, yang menyuruh saya untuk melakukan HD (wuih…bukan High Definition lho ya) tapi Haemodialysis. Yaitu proses pencucian darah mengguankan alat bantu mesin sebagai pengganti fungsi ginjal. Nah lhoo..jadi dalam bahasa Indonesianya.. CUCI DARAH.


Seminggu ngabsen di RS dua kali.. bersih bersih darah sambil ketemu ama suster suster disana.. :D


Uhm.. Trus hubungannya apa ama judul post saya ini? Buanyak… Peristiwa KO itulah, yang sungguh membuat saya sangat merasakan hidup itu penuh “adventure” kadang naik, kadang turun.. beda ama harga bbm yang cenderung naik terus.. heheheh


Banyak hal yang saya dapat pelajari selama enam bulan ini, tidak mudah memang menerima kenyataan ini, kenyataan harus bed rest total, lepas dari aktifitas yang berat berat, lepas dari kondisi orang normal dengan diet yang ketat terutama cairan.. (lho?) hya..saya harus mengontrol asupan cairan agar tidak menumpuk dalam darah dan paru paru akibat tidak bisa dibuang oleh ginjal..


Selain itu, pergumulan finansial, teman teman, rasa tidak percaya diri, looser, dan semuanya wah campur aduk pokoknya.. (es campur lebih enak kok.. hehehe).


BUT, I AM HAPPY FOR THAT???


Lho kok bisa? Hya itu saya ucapkan dalam hati juga baru baru ini, setelah enam bulan berlalu. KOk bisa happy? waduh…banyak ceritanya..tapi satu hal.. yang bikin happy karena saya merasakan benar benar hidup bergantung pada orang lain. BEnar benar hidup dalam ketergantungan dengan mesin. Bahwa hidup hari ke hari, nafas demi nafas itu sangat berharga.


Dulu, ketika masih sehat… hal itu tampak biasa biasa saja. Ya sudah layak dan sepantasnya lah..


Tapi kini, hal itu menjadi luar biasa.. Ada satu kebiasaan yang saya lakukan setiap pagi hari setelah sakit GNC ini, yaitu selalu merasakan hidung saya di pagi hari.. whowwww masih ada nafas.. yes..masih hidup saat ini.. masih isa makan ini itu. (walau diet ketat) juga masih isa ketemu ibu ama adek.. minimal itu. Dan itu luar biasa!!!


Apalagi, ketika pulang CuCI darah…hwooo ada rasa….. gimana ya.susah diungkapkan… tapi bikin saya semakin merasakan detik demi detik hidup ini sangat berharga..


Selain itu, juga masih banyak lagi, saya merasakan begitu luar biasanya teman, sahabat..keluarga..dan handai taulan.. yang membantu saya ketika KO waktu itu…luar biasa! Mereka seperti dikomando… ada Jenderal Agung yang mengkomandokan mereka semua untuk membantu saya.. GReat!!!


Ada juga hal yang bikin saya bahagia, saya terpilih untuk melewati ini semua. Entah itu berhasil atau tidak di garis akhir nanti..tapi yang jelas “adventure” ini sudah diperkenankan terjadi pada hidup saya! Yaps.. luar biasa… dan itu menjadi cambukan bagi saya untuk terus berbagi. Hidup ini terlalu sayang apabila dinikmati sendiri. Bener!!!


Yaps.. ini dulu prelude dari blogging saya di tahun 2013 ini. Yang sebentar lagi udah Imlek..


MEt imlek buat yang merayakannya.. Gong Xi Fat Chai..


Semoga semua makhluk berbahagia..


#berkah dalem,


@widihandoyo



Original post : Life is an adventure!

No comments:

Post a Comment